arrow_upward

Persaudaraan di Balik Helm

Senin, 19 Februari 2024 : Februari 19, 2024


Selamat pagi bro & sist, pembaca setia blog www.udakiem.com.

Pagi yang cerah ini, Minggu 18 Februari 2024 kami mendapatkan undangan sepesial dari RRI Padang, yaitu berdialog interaktif tentang komunitas motor dengan tema "Persaudaraan di Balik Helm".

Sebenarnya, bicara tentang komunitas motor, saya masih terbilang balia. Karena baru sekitar satu tahun bergabung dengan komunitas motor di Sumatera Barat. 

Sejatinya, saya memang dari dulu kepengen bergabung komunitas motor. Karena saya salah seorang yang hobi petualang atau traveling. 

Dengan bergabung komunitas motor tentu akan memberikan kemudahan bagi saya mendapatkan informasi baru tentang sesuatu tempat.

Apalagi, saya memang juga suka menulis dan aktif menjadi blogger. Sehingga ada banyak bahan yang bisa dipublikasi melalui blog. 

Ternyata perpaduan antara hobi motor dengan traveling juga sangat tepat. Sehingga saya jadi tambah senang untuk menjalankan hobi tersebut. 

Hingga saat ini, alhamdulillah sudah banyak kegiatan komunitas motor telah saya ikuti, baik tingkat daerah hingga nasional. Tingkat nasional sendiri saya juga telah mengikuti event motor terbesar di Indonesia yakni "Honda Bikers Days 2023 di Lapangan Rampal Kota Malang". 



Kemudian tingkat daerah, seperti Jelajah Misteri Dua Alam bersama CB150X serta kegiatan Kopsan (Kopi Santai) komunitas Honda CB 150X Adventure Sumatera Barat. Terakhir ini mengikuti Honda Biker Adventure Camp 2024 yang digelar oleh PT Menara Agung dan PT Hayati Mandiri bekerjasama dengan Asosiasi Honda Sumatera Barat di Sungrilla Outbond & Camping, Kota Padang. Kegiatan tersebut diikuti puluhan komunitas motor honda yang tersebar di Sumatera Barat. 

Nah dari beragam kegiatan yang telah diikuti, ada banyak pengalaman baru saya dapatkan, mulai dari perawatan motor, brotherhood dan lainnya. 

Apakah Komunitas Sering Langgar Aturan ?

Hingga saat ini memang banyak anggapan masyarakat, bahwa  oknum dari komunitas motor tidak menaati rambu-rambu lalu lintas. Kendati demikian, setelah saya bergabung ke dalam komunitas dan mendalami informasi, ternyata hal tersebut tidaklah benar. Karena setiap komunitas hampir rata memberikan ilmu safety riding kepada setiap membernya.

Kendati demikian, memang masih ada oknum melanggar aturan berlalu lalu lintas, semua itu tidak lepas dari watak atau perilaku yang menyimpang dari oknum tersebut, sehingga tidak baik di contoh. 

Komunitas Motor Sangat Berpengaruh 

Saya meyakini, bahwa komunitas motor tersebut sangat berpengaruh baik dan memiliki peran penting untuk pembangunan daerah, seperti promosi pariwisata serta kegiatan sosial lainnya.


Maka diperlukan hadirnya pemerintah untuk  bekerjasama dengan komunitas motor, sehingga hobi anak bangsa ini bisa terealisasi dengan baik. 

Manfaat Bergabung Komunitas

Selain meningkatkan hubungan silaturahmi dan meningkatkan pengetahuan seputar bermotor, bergabung dengan komunitas motor tentu bisa mengarahkan anak anak bangsa Indonesia terhindar dari perilaku menyimpang seperti narkoba dan lainnya. Karena sejatinya, kegiatan komunitas motor tersebut adalah positif. 

Memang ada juga oknum dari member komunitas motor berprilaku menyimpang, tapi sejatinya setiap komunitas memiliki aturan tersendiri agar nama baik dan perilaku anggotanya memberikan yang terbaik. Namun tetap dibutuhkan ketelitian dalam memilih komunitas sebelum bergabung. 

Bergabung dengan komunitas motor sudah pasti memiliki banyak teman. Karena konsep pertemanan di komunitas motor tersebut dangat solid. 

Nah, itulah topik kami dialog interaktif di RRI Padang. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Ayo menjadi biker yang peduli terhadap keselamatan orang lain, mentaati rambu rambu lintas dan menjadi bagian terpenting membangun kampung halaman. 



0 comments :