arrow_upward

Maota Literasi Digital di TVRI Sumatera Barat

Selasa, 20 Februari 2024 : Februari 20, 2024


Sejak 2019 lalu, Komunitas Blogger Bukittinggi memang fokus menggelorakan literasi digital kepada generasi muda melalui media blog. 

Karena memiliki visi dan misi yang cukup unik, Blogger Bukittinggi mendapatkan undangan dari TVRI Sumatera Barat untuk menjelaskan asa atau harapan Blogger Bukittinggi menggelorakan literasi digital melalui media blog kepada generasi muda.

Edukasi literasi digital memang sangat penting, karena hal tersebut bisa mengarahkan generasi muda yang candu menggunakan gawai untuk kegiatan yang tidak bermanfaat menjadi lebih bermanfaat. 



Literasi Digital merupakan kemampuan seseorang memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan informasi atau menyebarkan informasi yang ia miliki melalui media digital. 

Karena literasi digital sangat penting ditengah perkembangan teknologi. Maka Blogger Bukittinggi mencoba mengarahkan generasinya muda untuk lebih kreatif memanfaat teknologi tersebut sebagai sarana untuk mempublikasi kegiatan literasi melalui media blog. Apakah itu membuat artikel, cerpen, puisi, cerita bersambung  dan kegiatan mengarang lainnya. 



Membiasakan menulis melalui media blog tentu akan mengasah nalar generasi muda dalam dunia literasi sembari tetap bermain gawai. 

Menghentikan generasi muda saat ini bermain gawai tentu sangat sulit, karena sudah tuntutan zaman seiring dengan perkembangan teknologi. Namun generasi muda bisa diarahkan memanfaatkan gawai tersebut untuk kegiatan yang positif. Apakah ia menjadi konten kreator atau blogger. 

Namun disini, Blogger Bukittinggi lebih fokus kepada kegiatan tulis menulis melalui media blog. Karena belajar menulis memang dari sejak dini ajarkan kepada generasi muda. 

Membiasakan menulis sejak dini, tentu bisa mengasah nalar dan akan menjadi budaya hingga besar, sehingga bisa melahirkan SDM yang unggul dalam dunia literasi. 


Program Blogger Bukittinggi

Agar generasi muda di Kota Bukittinggi mampu memanfaatkan teknologi dengan baik, seperti memanfaatkan blog sebagai mengembangkan bakat menulis. Maka Blogger Bukittinggi meluncurkan program Blogger  Go To School. 

Program ini memberikan pelatihan menulis melalui media blog kepada generasi muda mulai dari tingkat SD hingga SLTA. Ilmu ini diberikan secara gratis, bahkan bagi yang bersemangat akan diberikan hadiah berupa domain gratis. Bagaimana cara bisa belajar blog, cukup mengubungi media sosial Blogger Bukittinggi. 

9 komentar:

  1. Sungguh luar biasa kereenn Kak Uda. Eh gimana Kakak atau Uda nih? Heueheu. Ngeblog memang semenyenangkan itu. Makin banyak tulisan blog yg positif dan inspiratif makin bertumbuh literasi digital menjadi ruang belajar dan berbagi yg asik yaa Kak. Semangatt terus :)

    BalasHapus
  2. Wah, keren banget ada program Blogger Go To School. Bisa menjangkau sekolah2 di seluruh wilayah sumbar ya, jadi edukasinya sampai ke anak2. Moga selalu semangat, kak

    BalasHapus
  3. Programnya sangat bagus yaa.. akan sangat berguna bagi mereka di masa depannya nanti.

    BalasHapus
  4. berat nih tugasnya Blogger Bukittinggi dalam menggelorakan literasi digital melalui media blog kepada generasi muda, namun semoga bisa terwujudkan dan semoga banyak mendapat dukungan juga

    BalasHapus
  5. Wah, keren sekali blogger Bukittinggi
    Menyebarkan literasi secara masif di kota Bukittinggi
    Sukses selalu

    BalasHapus
  6. Salut buat para blogger Bukittinggi. Semoga programnya makin mengenalkan tentang dunia blog hingga merambah ke sekolah. Anak sekarang itu PR lho kalau disuruh nulis dibanding membuat video. Cerdaskan literasi melalui blogging.

    BalasHapus
  7. Waaahh, keren Kak. Programnya bagus, mengajak generasi muda melek digital khususnya kegiatan blogging dan mengasah skill menulis yang memang nggak bisa didapat secara instan..

    BalasHapus
  8. Kegiatan yang positif untuk anak muda generasi z dan alpha untuk mengembangkan bakatnya di bidang konten kreator dan literasi. Semoga terus berjaya untuk Blogger Bukittinggi.

    BalasHapus
  9. Edukasi melalui program komunitas yg digagas Blogger Bukittinggi menarik banget nih kak. Apalagi, goalsnya untuk menggiatkan literasi digital bagi anak2 muda disana. Lanjutkan!

    BalasHapus