arrow_upward

Jelajah Pesona Alahan Panjang Solok

Kamis, 28 Desember 2023 : Desember 28, 2023


Kabupaten Solok memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Karena memang daerah ini memiliki potensi wisata yang menarik dikunjungi.

Kebetulan di Alahan Panjang, sahabat saya  diamanahkan menjadi pengelolah salah satu vila di Alahan Panjang. Karena penasaran dengan vila tersebut, aku langsung tancap gas. 



Danau Singkarak dan Keindahannya

Jika berkunjung ke Solok via Padang Panjang. Maka akan melintasi Danau Singkarak.

Danau Singkarak memang tidak diragukan lagi keindahannya. Maka, saya selalu mampir sembari melepas penat perjalanan. 

Danau Singkarak tidak hanya indah, ada banyak keunikan untuk di ekspos seperti, kuliner, budaya dan kearifan lokasi masyarakat yang tinggal di pinggir Danau Singkarak. 



Melihat Keindahan Alam Sirukam

Nah, solo riding ke Alahan Panjang saya memilih jalur Sirukam. Karena belum mencoba jalur ini. Kabarnya, Sirukam memiliki pemandangan yang indah. Alhasil, fakta membuktikan. Sirukam, Kabupaten Solok ini memang menyuguhkan pemandangan indah. 



Kawasan Perkebunan Bawang Alahan Panjang

Alahan Panjang terkenal dengan udara yang dingin, sehingga daerah ini memang cocok menjadi kawasan perkebunan, seperti Teh, Bawang dan beragam jenis tanaman sayur lainnya. 

Karena saya solo riding, jadi tidak banyak lokasi yang di dokumentasikan. Kendati demikian, rindu telah terobati.
 


Green Lestari Resort

Akhirnya setelah riding yang cukup panjang, akhirnya saya sampai di Green Lestari Resort yang berlokasi di Jl Raya Danau Talang, Alahan Panjang, Kabupaten Solok. 

Green Lestari Resort salah satu penginapan yang rekommend di Alahan Panjang. Bahkan ustad Abdul Somad menjadikan Green Lestari tempat penginapannya saat berkunjung ke Alahan Panjang.
 


di Green Lestari Resort saya telah ditunggu oleh kawan-kawan dari komunitas CB150X Adventure Sumatera Barat. Ada bang Adrian dan Adi yang setia menunggu saya sejak pagi. 



Nah untuk pembaca www.udakiem.com, bisa menjadikan Green Lestari Resort sebagI tempat penginapan jika berkunjung ke Alahan Panjang. Lokasinya sangat indah, karena di vila ini pengunjung bisa melihat Danau Atas, Bawah dan Danau Talang sekaligus. Info selengkapnya bisa juga dikepoin ig @greenlestariresort.

 


Melirik Kebun Teh


Setelah rehat sejenak di Green Lestari Resort, saya dan Bang Adi melanjutkan perjalanan ke Kota Solok. Nah, sebelumnya kami menikmati keindahan kawasan perkebunan teh. Ternyata jelang lebur akhir tahun ini, wisatawan sudah mulai terlihat ramai. 

Sayanya, cuaca kurang bagus. Kami disapa dengan gerimis yang cukup lama. Akhirnya kami memutuskan melanjutkan riding. Tadinya saya sendiri aja, sekarang sudah ada yang menemani. Ia adalah bang Adi. Beliau ini adalah juru masak di salah satu sekolah di Cinangkiek, Kota Solok. 



Tugu Ayam Arosuka Solok

Rinding kami memang ditemani hujan lebat. Kendati demikian, kami tetap menyempatkan foto di Tugu Ayam Arosuka, karena tidak akan lengkap suatu perjalanan tanpa dokumentasi. 

Berpisah di Kota Solok

Ketika kami sampai di Kota Solok, hujan mulai redah. Tapi, hati tetap terasa hujan lebat. Kenapa ? Kami harus berpisah untuk sementara waktu. Karena Bang Adi sudah hampir sampai di rumahnya. Sementara saya tetap melanjutkan perjalanan ke Kota Bukittinggi. 

Oh bareh Solok, Bareh nan tanamo. Kita harus berpisah, semoga dipertemukan dilain waktu. 




0 comments :